Kecerdasan ini merupakan kemampuan memahami, membedakan, mengubah dan
mengungkapkan bentuk-bentuk musikal. Kecerdasan ini meliputi kepekaan
pada irama, pola titi nada dan melodi, dan warna nada atau warna suara
lagu. Seseorang yang memiliki kecerdasan musik yang tinggi memiliki
kemampuan yang baik dalam bernyanyi, bersenandung, dan bersiul atau
bersuara-suara kecil, memainkan sebuah lagu, menggerak-gerakkan tubuh
sesuai irama atau ikut bernyanyi dan memainkan alat musik.
Kemampuan yang terkait dengan kecerdasan musikal adalah:
- Kepekaan terhadap bunyi dan suara.
- Kemampuan bermain musik.
- Kemampuan menyanyi.
Apabila anak sejak dini sering distimulasi dengan suara-suara,
bunyi-bunyi terutama yang membentuk harmoni seperti musik, maka bagian
otak kanan di wilayah perkembangan intuitif akan semakin peka. Kepekaan
yang akan merangsang perkembangan kecerdasan emosi, antara lain kepekaan
rasa seperti empati, simpati dan nilai rasa lainnya.
Stimulasi musikal hendaknya dilakukan secara variatif sesuai dengan
tahapan usia. Bermacam-macam latihan yang dapat dilakukan untuk
mengembangkan kecerdasan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Membuat dan Mendengarka Variasi Nada dan Bunyi

Untuk
anak-anak yang masih sangat kecil, orang tua atau pendidik dapat
memperkenalkan bermacam-macam nada, bisa dengan alat musik mainan, yakni
dengan memegang tangan anak untuk menekan atau memkul tuts-tuts alat
musik itu sambil menyanyikan do re mi fa sol la si do. Permainan ini
bisa diulang-ulang, sehingga anak tahu tuts yang berbeda akan
menghasilkan bunyi nada yang berbeda. Disamping itu alat-alat rumah
tangga yang bisa menghasilkan bunyi juga dapat digunakan untuk
menghasilkan berbagai bunyi. Permainan ini tidak mengharapkan anak untuk
menguasai musik, tetapi merangsang perkembangan kecerdasan musikal.
2. Menyanyi dan Menari
Untuk usia 1-3 tahun, anak dapat diperdengarkan berbagai lagu anak
seperti “Balonku, Burung Kakatua, Pelangi, Bintang Kecil”, dan lain
sebagainya. Tidak ada salahnya pendidik dan orang tua ikut bernyanyi
mengiringi lagu yang didengar sambil melakukan gerakan-gerakan tari
sederhana, dan anak akan mencoba meniru apa yang dilakukan orang tua dan
pendidiknya.
3. Main tebak-Tebakab Judul Lagu

Untuk
anak-anak yang sudah bisa menyanyikan berbagai lagu, maka untuk melatih
dan menguji kepekaan terhadap nada, anak-anak dapat diajak bermain
tebak-tebakan judul lagu; caranya orang tua atau pendidik memainkan
sepenggal lagu instrumental bagian dari lagu anak-anak dengan alat
musik, atau apabila tidak memiliki alat musik bisa menyanyikannya secara
langsung nada-nada lagu itu tanpa disertai kata-katanya, kemudian anak
diminta untuk menembak judul lagu itu. Apabila terdapat beberapa anak,
mereka bisa diminta berlomba menebak. Kegiatan ini akan melatih
kecerdasan musikal dan ingatan anak.
0 Komentar